Rabu, 06 Februari 2013

the friendzone


Pertama liat novel ini di toko buku, langsung jatuh cinta selain dengan design covernya yg lucu, ya jatuh cinta sama judulnya hihi. Itu hal utama yg bikin gw excited buat miliki novel ini, ya "The Friendzone". Gw tertarik karena curious bgt sama jalan cerita nih novel, karena *eheeem* gw sering bgt ngalamin hal ini *eciyeee. Jujur aja deh kalian juga sama kan kaya gw, tertarik sama hal yang bersangkutan dengan kisah kalian, khususnya baca novel atau nonton film yang jalan ceritanya tuh 'kok gw bgt' malah bahkan ada yg maksa nyambung-nyambungin, jalan ceritanya ttg apa, tapi tetep aja sok di-'iiih gw banget'-in. Yah namanya berkaitan dengan cinta kadang melankolis dan lebay itu nyaru abis!

Oke lanjut ke novel ini. Gw yang akhir-akhir ini paling males baca novel, tanpa ba bi bu hari itu juga gw selesain tuh novel. lembar per lembar gw baca dengan seksama. Sesekali ngasok dulu istirahat sambil jejingkrakan merenggakan otot otak yg mulai capek berimajinasi. Ini dia sebenernya yg paling gw malesin dari baca novel, karena gada gambarnya, jadi kita disuruh imajinasi sendiri. Kan capek! mending baca komik, ilustrasinya udah ada adegan per adegan. Apalagi komik BB+ wuiiiiih adegan mesumnya real terilustrasi dengan manis, jadi ga perlu capek2 imajinasi sendiri. Oke segini aja ngomongin komik bokepnya. 

Lanjut ke cerita novel, jadi dalam novel ini menceritakan tentang dua sahabat cewe cowo yang udah lama temenan. Ceweknya mendam perasaan ke nih cowo karena kalu ketauan dia takut persahabatannya hancur. Yah pokoknya cerita lama lah, cowoknya ganteng  tajir pinter baik, cewenya biasa aja dan mendem rasa, cowoknya playboy, ceweknya deket sama cowo lain, cowoknya jealous, berantem, trs baikan, trs proses menuju percintaan deh. Umum bgt kan ceritanya! iyaaa makanya gw bacanya jadi antiklimaks abitch. Bener-bener ga sesuai sama apa yang gw bayangin. Ini sih bukan friendzone namanya, tapi FTV love. Ceritanya kaya di FTV-FTV gitu, biasa, dan basiii. Udah banyak bgt yang nyeritain alur kaya gini. Gw pikir ceritanya bakal lebih mateng dan beda. Bakal ceritain tentang dilema persahabatan yang gak biasa. Ternyata simpel bgt, malah lebih fokus cerita ke cewe yang super batu yg hobby nyimpen perasaan sendiri. Ya, gitu-gitu doang. Bahkan alur cerita ga lebih diperluas dengan berbagai usaha cewe ngumpetin perasaanya. 

Selain itu yg gw ga suka adalah ceritanya yg terlalu muluk abis. Ceritanya yg cowo itu terlalu perfect, bahkan cerita persahabatannya pun terlalu dibuat 'wah'. Jadi dalam cerita mengisahkan cewe dan cowo sahabat udah 7 tahun lamanya, mereka deket bgt kemana-mana berdua. sering kunjungan-kunjungan. Sudah kenal keluarga besar masing-masing. Wah kan? ga realistis aja gitu. Kan cuma sahabatan bukan pacaran. Terus kronologi cewenya suka cowoknya juga standar bgt, jadi cewenya suka cowoknya ya karena cowonya ganteng tajir dan pinter itu. Aduuuuuh gak realistis. Bukannya mau jelek-jekein nih novel, jujur aja gw tetep nangis kok bacanya, dari segi penceritaan dan deskripsi tiap adegannya itu bagus, cuma ya itu gw ga suka aja sama jalan ceritanya. Terlalu mengiming-imingi. Yang bikin gw kecewa juga karena ternyata jalan ceritanya gajadi "gw banget". Gw pikir dengan baca ini gw bisa nemuin solusi tentang penyakit "friendzone" yang gw alamin. Ternyata "friendzone" nya nih cerita dangkal abitch.

Friendzone-nya gw itu terlalu sering dan terlalu rumit. Tapi tenang aja gw gabakal cerita disini. Kepanjangan, Gw cuma berbagi tentang penyakit 'friendzone' menurut gw. Friendzone itu gak cuma sekedar lo suka sahabat sendiri. Tapi ada usaha inplisit yg lo usahain serta adanya perang batin antara cinta dan persahabatan. Itu dia yg bikin friendzone terlihat menarik. Liat usaha cewe nunjukin perasaanya secara inplisit. Ini dia yg dalam novel kurang dikembangin. Perang batiinya juga kurang, seperti yg gw bilang diawal, cuma diceritain ceweknya nyimpen perasaan. Gak dikembangin dengan usaha berbeda-beda dari nih cewe untuk nyembunyiin perasan, tapi tetep sih ada cerita yg nunjukin kalau ceweknya juga galau memilih antara sahabat atau cinta.

Mungkin buat kalian yg baca ini bilang gw lebay, bilang "Yah namanya juga novel", atau malah nyuruh gw bikin cerita sendiri supaya gw puas. Yakan!! udah ngaku aja haha. iya iyaaa gw emang lebay, sama seperti yg gw bilang di awal juga, kalo urusan cinta melankolis dan lebay itu nyaru dan beda tipis. Dan ya gw tau ini emang nove, tapi sebagai pembaca gw pantes dong buat ngasih kritik agar penulis bisa mengembangkan lagi jalan cerita novelnya kelak. Maklum, dari biodata penulis di bagian belakang novel, penulisnya masih 17 tahun cyiiiin. Dan tentang gw bikin novel sendiri? Pasti! Tunggu aja tanggal mainnya haha.

Aniway ini pusi singkat dari gw sebagai penutup :)

_Friendzone_

Ketika cinta sedang tak lagi dianggap anugerah
Ketika cinta sedang menjelma menjadi noda
Ketika cinta sedang menodai hubungan yang ada
Ketika itu cinta adalah musuh bagi sang sahabat

*puisi ini gw dedikasikan untuk friendzone-friendzone gw di luar sanah ahaaaaay




0 komentar:

Posting Komentar